Cum sociis Theme natoque penatibus et magnis dis parturie montes, nascetur ridiculus mus. Curabitur ullamcorper id ultricies nisi.

1-677-124-44227 184 Main Collins Street, West Victoria 8007 Mon - Sat 8.00 - 18.00, Sunday CLOSED
Follow Us

5 Tips Self-Care yang Wajib Kamu Ketahui!

girl standing in monochrome

Semakin bertambahnya umur, semakin banyak juga tuntutan sebagai orang dewasa. Mulai dari kewajiban untuk menjadi mandiri, keinginan untuk meringankan beban orang tua, hingga desakan sosial untuk menjadi sukses karena melihat teman-teman sebaya yang terlihat sudah mapan di usianya. Memang hal-hal tersebut butuh waktu untuk bisa diwujudkan, namun semuanya harus dilalui oleh semua orang sebagai suatu proses menuju kedewasaan.

Self-Care Untuk Mencintai Diri Sendiri

Bagi kebanyakan orang, proses tersebut mungkin menjadi beban yang cukup berat untuk dipikul. Karena pengaruh lingkungan, kita dituntut untuk terus memoles diri dan bekerja keras untuk mengejar mimpi. Tapi hidup tidak selalu berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan, bukan? Ada banyak hal dan rintangan yang harus dilalui sebelum mencapai tujuan atau goals kita. 

Sibuk mengejar mimpi itu boleh, asalkan tidak mengganggu kewarasan mental kamu, Mindbro and Mindsis! Karenanya, penting untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat self-care agar tidak hanya tubuhmu yang sehat, tapi juga pikiranmu agar terbebas dari stress dan tuntutan-tuntutan yang sifatnya menjemukan! Untuk itu, Mindlab merangkum 5 tips self-care yang bisa kamu lakukan supaya kamu lebih menyayangi diri kamu sendiri: 

  1. Tidak menyamakan self-care dan self-indulgence. Dua hal ini nampak serupa, tapi sebenarnya tidak sama. Kalau self-care berkutat pada bentuk penghargaan diri akan apa yang kita miliki, self-indulgence lebih berpusat pada memanjakan diri secara berlebihan dan sering diyakini sebagai bentuk mangkir dari tanggung jawab. Ingat ya, self-care bersifat positif dan boleh dilakukan, sedangkan self-indulgence bersifat destruktif dan sebaiknya dihindari!
  2. Tidak bersikap terlalu keras terhadap diri sendiri. Mungkin tips yang satu ini agak sulit diterapkan bagi kamu yang perfeksionis. Oleh karena itu, perlu adanya perencanaan yang matang agar tidak terjebak dalam situasi tersebut. Kamu harus pintar-pintar dalam menyeimbangkan energi dan kemampuanmu untuk mencapai goals atau target kerja!
  3. Kenali dirimu lebih dalam agar tidak meledak! Semua orang punya batas toleransinya masing-masing. Cara terbaik untuk menghindari saat-saat dimana kamu merasa mau meledak adalah dengan menghubungi psikolog profesional dan meminta bantuannya. Dengan bertemu dengan psikolog, kamu akan merasa jauh lebih aman dan terhindar dari rasa takut dihakimi. 
  4. Jauhi hal-hal yang dapat merusak kesehatan mentalmu. Caranya adalah dengan menetapkan batasan dan menjaga jarak dengan orang yang dirasa toxic untuk diri kamu. Orang toxic dapat berwujud teman, tapi juga bisa ditemukan dalam anggota keluarga. Walau kamu memiliki relasi dekat dengan mereka, ada baiknya kamu menjauhi mereka agar kamu dapat mengekspresikan dirimu lebih jauh. 
  5. Lakukan butterfly hug. Butterfly hug adalah sebuah metode sederhana untuk melakukan self-appreciation di penghujung hari. Caranya adalah dengan memejamkan mata dan berbaring di kasur, mengatur napas, dan memeluk diri dengan meletakkan kedua telapak tangan di pundak yang berlawanan. Lakukan kegiatan ini sekitar beberapa menit sembari mengingat kembali hal apa saja yang telah dilakukan pada hari itu dengan menyampaikan pesan dan apresiasi kepada diri sendiri!

Sesuaikan Waktu Untuk Memberi Afirmasi Positif

Harusnya self-care bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan. Meski hari-harimu penuh dengan kesibukan, sisihkan waktu sebentar untuk diri sendiri. Bila kamu memiliki kesibukan di pagi dan siang hari, mungkin waktu malam lebih cocok untuk me time mu. Di saat orang lain meringkuk nyaman di tempat tidur, itu saatmu untuk mengurusi diri sendiri!

“Self-care bukanlah suatu bentuk keegoisan, melainkan sebuah prioritas.”

Semoga tips-tips dari Mindlab ini bisa menjadi kuncimu untuk menjaga kewarasan di masa-masa sulit ini ya!

ADD COMMENT