Cum sociis Theme natoque penatibus et magnis dis parturie montes, nascetur ridiculus mus. Curabitur ullamcorper id ultricies nisi.

1-677-124-44227 184 Main Collins Street, West Victoria 8007 Mon - Sat 8.00 - 18.00, Sunday CLOSED
Follow Us
Khasiat Adaptogen pada Tanaman Herbal

Pengaruh Adaptogen Untuk Boost Mood dan Energi Harianmu

Sudah setengah tahun lebih orang-orang menjalani kerja dari rumah (work from home) karena dampak pandemi COVID-19. Namun ternyata kerja di rumah malah menambah beban kerja. Durasi kerja yang lebih panjang daripada di kantor membuat waktu istirahat dan kerja yang lebih sulit dibedakan. Bukannya makin rileks dan santai, malah kita cenderung lebih stres karena kurang istirahat. 

Seharusnya, di masa pandemi ini kesehatan jadi prioritas utama agar tubuh kita bisa meningkatkan sistem imun dan dapat melawan virus secara lebih optimal. Sayangnya, hal ini tidak mudah dilakukan saat pikiran kita sudah dipenuhi dengan beban kerja dan hal lainnya. Nah, kalau itu kegalauanmu saat ini, pembahasan selanjutnya tentang adaptogen akan berguna banget untuk kamu!

Apa sih fungsi adaptogen untuk tubuhmu? Adaptogen adalah senyawa alami yang terkandung dalam beberapa tumbuhan. Menurut berbagai studi kesehatan, fungsi utamanya adalah sebagai penangkal stres, penyeimbang sistem imun, pendukung fungsi metabolisme dalam tubuh, serta peningkat performa dan konsentrasi. 

Adaptogen sudah digunakan sebagai obat herbal tradisional di China dan India sejak 3000 tahun sebelum masehi. Namun baru pada tahun 1947, istilah adaptogen diperkenalkan oleh seorang peneliti dari Rusia bernama Dr. Nikolai Lazarev. Dari tahun ke tahun, adaptogen sering menjadi perdebatan karena peneliti Barat, Rusia, maupun ahli obat China, memiliki pendapatnya masing-masing tentang fungsi adaptogen. Meski demikian, semuanya mengakui bahwa adaptogen berhubungan dengan imun yang mengatur kekebalan tubuh.

Penasaran tanaman apa saja yang masuk ke dalam kategori adaptogen? Berikut beberapa diantaranya:

  1. Ginseng

Mungkin kamu sudah familiar dengan tanaman ini. Ginseng Asia atau Panax ginseng merupakan ginseng yang memiliki kandungan adaptogen yang paling kuat. Ginseng berfokus untuk memperbaiki sistem imun tubuh sehingga dapat mengatasi penyakit yang berhubungan dengan imun, seperti kelelahan, kanker, dan autoimun.  

  1. Ashwagandha

Dikenal juga dengan nama Winter Cherry atau Ginseng India. Fungsinya yang paling menonjol adalah sebagai penenang sehingga dapat mengatasi berbagai gejala, seperti kecemasan berlebih, kelelahan, insomnia, hilang konsentrasi, dan neurastenia (lemah saraf). Selain itu, ashwagandha juga kaya akan zat besi yang baik untuk penderita anemia.

  1. Licorice

Tanaman ini sudah sejak lama dijadikan makanan dan obat di China dan Timur Tengah. Manfaatnya yang paling diunggulkan adalah untuk mengobati masalah perut dan usus, menguatkan tulang dan urat, serta meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan otot. 

Ada beberapa hal yang perlu kamu ingat sebelum memutuskan untuk mengonsumsi adaptogen. Yuk simak 3 tips di bawah ini: 

  • Jika ingin mendapat hasil maksimal, kamu perlu tahu apa yang saat ini tubuhmu butuhkan. Oleh karena itu, konsultasilah dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi. Dengan berkonsultasi, kamu jadi tidak bingung memilih adaptogen mana yang pas dengan problem mu. 
  • Teliti dengan kandungan suplemen yang kamu konsumsi. Jangan terkecoh dengan klaim adanya adaptogen dalam kemasan suplemen yang membuat kamu jadi tidak kritis memperhatikan komposisi yang lain. Kamu juga perlu menggali lebih dalam apakah suplemen yang akan kamu konsumsi memiliki mutu baik dan bergizi.
  • Konsumsi sesuai dosis dan panduan yang tepat. Sama seperti obat lainnya, mengonsumsi adaptogen akan berpengaruh buruk di tubuh jika dosisnya dikurangi atau ditambah. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan cara penggunaan atau pantangannya karena terkadang kandungan di dalam obatnya bisa memiliki reaksi negatif jika dikonsumsi bersamaan dengan obat lain. 

Selamat mencoba!

ADD COMMENT